Posted by: dimaswibie | May 2, 2008

Apakah Penyakit Kusta Itu?

Apakah Penyakit Kusta Itu?


Penyakit Kusta      Pernakah anda mendengar tentang Penyakit Kusta? Penyakit bentuk apakah itu? berasal dari kutukankah? atau guna-guna? Percayakah anda PENYAKIT KUSTA bisa sembuh? Pertanyaan diatas adalah pertanyaan yang biasa terlontar dari mulut orang awam yang belum kenal dan mengerti apa itu penyakit kusta.
PENYAKIT KUSTA adalah penyakit yang disebabkan kuman/bakteri yang bernama (mycobacterium Leprae), penyakit kusta ini menyerang saraf tepi seseorang yang akhirnya meyebabkan syaraf tepi orang tersebut menjadi mati rasa (tetapi jika berobat cepat hal ini dapat dicegah), penyakit kusta ini adalah penyakit menular yang penularannya tidak gampang, sebab menurut penelitian tidak semua manusia di dunia yang bisa terinfeksi penyakit Kusta, buktinya banyak kita tidak tahu jika sudah berhubungan sosial dengan orang lain tetapi tidak tahu jika orang tersebut adalah penderita kusta……. Tapi kok tidak kena kusta sampai sekarang?? Iya kan… contohnya dokter dan perawat, jadi hanya jenis antibody tertentu yang dapat kena penyakit ini.

Ciri-ciri Penyakit Kusta

Ciri-ciri umum PENYAKIT KUSTA adalah bercak putih kemerahan (seperti panu) yang mati rasa dan terkadang di tepinya terdapat penebalan seperti kurap. Jika bercak ini lebih dari 5 maka itu disebut tipe kuman yang banyak biasa disebut MULTI BASILAR/MB, sedangkan jika bercaknya kurang dari 5 maka disebut PAUSI BASILAR/PB (Bukan Fausi Badila hehehe….) dikatakan basil sebab kumannya berbentuk batang. Pengobatan PENYAKIT KUSTA disebut MULTI DRUGS TREATMENT (MDT). Cara pengobatan PENYAKIT KUSTA adalah dengan pengobatan rutin/setiap hari, untuk tipe Pausi Basilar/PB membutuhkan pengobatan 6 (enam) bulan, sedangkan untuk tipe Multi Basilar/MB membutuhkan pengobatan selama 1 (satu) tahun. Wahhh…. Lama benar yaaa?? Lah iya lah ini kan untuk mematikan kuman yang ada didalam badan yang juga perkembangannya cukup lama sebab perkembangan penyakit kusta bisa sampai 5 tahun, tetapi jika seorang penderita penyakit kusta sudah meminum obat maka kuman kusta itu sudah tidak dapat lagi menular ke orang lain, bagaimana dengan hewan? Hewan tidak dapat menularkan penyakit ini kemanusia. Oh iya obat penyakit kusta sudah GRATIS bisa didapat di puskesmas atau rumah sakit milik pemerintah, tetapi ini bukan obat murah tetapi obat ini bantuan dari organisasi kesehatan dunia.

Kebanyakan penderita penyakit kusta mengalami kecacatan disebabkan keterlambatan orang tersebut untuk meminum obat atau meminum obat itu dengan tidak sempurna atau pengobatannya tidak tuntas, jika penderita penyakit kusta meminum obat dengan cepat maka kecacatan akibat saraf tepi yang mati tadi dapat di cegah atau dihindari. Jadi intinya kita tidak boleh menjauhi orang yang menderita penyakit kusta, karena penularan penyakit kusta tidak semudah yang kita bayangkan.

About these ads

Responses

  1. aii..aiiiiiiiiiiiiiii…..
    Masssssssssa lo ga tw penyakit kusta c tong..kn lo pernah kena tu penyakit..hehehehe juZ cid..piZzzzzzz………(^_^)
    kirim command baliQ dunNnnKkkk…..ya..ya..ya..

    • blh nda minta no hp na ne…….

      hehehe……………….

      • boleh ko…kita chat di FB aja…

  2. lw dapet sumber ini dari mana?

  3. Kusta apa ya???
    tlg d perjelas lg tulisan anda…

  4. dimas caranya nyegah penyakit kusta piye to?

  5. mkchx !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! atas info tentang penyakit kusta

  6. TEMAN-TEMAN ,DI JATIWANGI ADA SMK FARMASI LHO BURUAN CEPAT DAFTARIN DIRI LO,tempatnya di depan pom bensin BURUJUL KULON OK ,ditunggu lho sama kak asep.

  7. duh………………………………
    atuit q

  8. Mas, kalo bercak yang cukup besar ditangan kira2 diameter 3 cm……putih….kadang2 gatal tapi bukan panu……apa itu juga disebut kusta?Tolong infonya. Makasi.

    • bercak itu dah brp lama?

      bisa aja itu bekas luka yang blm sembuh total,..

  9. dimas penyakit kusta tuch nular gak ya?

    • penyakit kusta itu ga nular put…di dunia aja 95% penyakit kusta itu sulit menular karena manusia memiliki sistem kekebalan tubuh yang alami dan dapat menolak penyakit kusta.

  10. Kusta..??
    Apa’an tuh…!
    Iiiiihhhhh…
    Acit…
    Mrah k pha???

    • makanya kita harus jaga kebersihan jasmani dan lingkungan kita secara rutin agar tdk terserang penyakit kusta….hehehe

  11. gejala dan tandanya?

    • Gejala awalnya itu kusta susah diditeksi. Penyakit ini menyerang kulit terlebih dahulu, gejala awalnya seperti terserang panu. Tetapi gejala paling sering itu terdapat bercak putih kemerahan pada kulit bila diraba dengan tangan ataupun benda lain tidak terasa atau mati rasa.

  12. ciri2 pnyakit kusta itu gmana yaa….?

    • ciri2nya:

      Gejala kusta antara lain, bercak putih (hipopigemtasi) yang mati rasa biasanya daerah bercak putih tidak ada keringat dan bulu. adanya penebalan saraf tepi dengan disertai gangguan fungsi (hanya dapat diidentifikasi oleh tenaga yang sudah ahli atau terlatih). Gangguan fungsi saraf meliputi mati rasa/kurang rasa, pareses dan paralisis, kulit kering, retak dan edema (bengkak).
      Diagnosa penyakit kusta pada penderita ditegakan bukan karena penyakit kusta tapi didapatkan dari pemeriksaan kesehatan lainnya dan diagnosa sering sudah terlambat. Penderita sudah kehilangan beberapa fungsi saraf tepi, berupa mati rasa pada telapak kaki dan tangan timbul ulkus pada kaki penderita. parese atau kelemahan anggota tubuh kaki maupun tangan berupa drop hand.

  13. penyakit kusta bisa terbawa oleh keturunan g’ yaa,apa bila kedua ortu nya menderita pnyakit trsbt………?

    • penyakit kusta bkn penyakit turunan…jd ya ga ush tkt.^_^

  14. hallo kak dimas!!!aq dia, aq mau tanya : apakah penyakit kusta itu gak berbahaya?soalnya aq lihat-lihat di gambar tentang peyakit kusta kok gitu ya?mangnya bener – buener itu terjadi sama semua orang yang terkena penyakit itu?& satu lagi nieh…!!!aq mintak tolong boleh di perjelas gak,pengertian penyakit kustanya.makaciih…!!!

    • ni aq kasih sedikit penjelasan tentang kusta:

      Penyakit kusta adalah penyakit menular yang disebabkan oleh kuman mycobakterium leprae. Bersifat menular tapi sulit menular karena harus terdapat kontak yang erat antara kasus dengan penderita yang telah teridentifikasi. Gejala kusta baru tampak setelah puluhan tahun.
      Gejala kusta antara lain, bercak putih (hipopigemtasi) yang mati rasa biasanya daerah bercak putih tidak ada keringat dan bulu. adanya penebalan saraf tepi dengan disertai gangguan fungsi (hanya dapat diidentifikasi oleh tenaga yang sudah ahli atau terlatih). Gangguan fungsi saraf meliputi mati rasa/kurang rasa, pareses dan paralisis, kulit kering, retak dan edema (bengkak).
      Diagnosa penyakit kusta pada penderita ditegakan bukan karena penyakit kusta tapi didapatkan dari pemeriksaan kesehatan lainnya dan diagnosa sering sudah terlambat. Penderita sudah kehilangan beberapa fungsi saraf tepi, berupa mati rasa pada telapak kaki dan tangan timbul ulkus pada kaki penderita. parese atau kelemahan anggota tubuh kaki maupun tangan berupa drop hand. Ada beberapa tanda yang bisa didapatkan pada penderita kusta :
      1. Tanda pada kulit
      bercak kulit yang merah
      Kulit yang mengkilap.
      Bercak tidak gatal, lesi kulit yang tidak berkeringat atau berambut.
      2. Tanda pada saraf
      rasa kesemutan , tertusuk-tusuk atau nyeri
      gangguan gerak pada anggota badan atau wajah
      Cacat/deformitas
      Ulkus yang tidak kun juang sembuh..
      Klasifikasi penyakit kusta dibedakan atas tipe kering dan basah yang turut membedakan tentang cara pengobatan kusta nantinya.
      Metode Pengobatan yang digunakan saat ini berupa MDT.
      Namun saat ini, dulu maupun akan datang yang perlu kita perhatikan adalah cara penyampaian diagnosa penyakit ini. Karena dimasyarakat masih tertanam dalam pikiran bahwa penyakit kusta adalah penyakit turunan, mereka akan menyangkal bahwa dikeluarga ada penderita kusta sehingga keluarga yang malu akan mengucilkan penderita tersebut dari orang banyak, demikian juga bila ketahui masyarkat menderita penyakit ini. Penderita akan tidak diijinkan untuk bergaul lagi dengan mereka karena takut terjangkit. Lalu ada beberapa aspek perilaku yang terjadi pada penderita kusta yaitu :
      1. Merasa ketakutan
      2, Menarik Diri
      3. Hanya mempersoalkan diri sendiri
      4. Reaksi emosional tinggi
      5. Perubahan persepsi terhadap lingkungan
      6. Berkurangnya minat.
      Sehingga yang benar adalah kita perlu memberi dukungan penuh pada penderita dan jangan penganggap kusta sebagai penyakit turunan maupun kutukan. Perlu di ingat kusta dapat disembuhkan dengan pengobatan yang teratur dan selesai.

  15. Kusta It trMasuk Pnyakit TuruNan G???

    • kusta bkn penyakit turunan, tp penyakit yg disebabkan oleh kuman mycobakterium leprae…hanya bs menular, tp tidak mudah menular krn hrs melalui kontak fisik yg erat…

  16. tlg d jelaskn patogenesis penyakit kusta

  17. knp pnyakit kusta sering di kucilkkan di masyarakat? bgaimn cara mensosialiasikan penykit tsb k msyarakat

    • nah itu dia salahnya masyarakat indonesia, masyarakat indonesia itu cenderung merasa jijik dan takut tertular kusta…padahal kusta itu tdk mudah menular…
      menurut saya sih cara sosialisasinya itu pihak yg terkait hrs melalui seminar2 di sekolah, kampus, ataupun terjun langsung ke masyarakat.

  18. Mas….obat kusta apa y??trs cara minumx gmn?brthap ato rutin?

  19. mas klo sudah mati rasa dikaki dan timbul ulkus yg gak sembuh2 gmn cara yg tepat mengatasi ato merawatnya?trus apa mungkin bisa sembuh total?thanks”’

  20. Apa mungkin keluarga terdekat bisa tertular kusta?dulu ada seorang yg lagi sakit kusta trus menikah melakukan hubungan,apa mungkin istrinya tertular?soale waktu itu dia masih 1 mingguan mengikuti obat gratis.

  21. mas dms misal slah stu anggota da yg terkena penyakit kusta, pa kmungkinan bsa tertular terhadap istri dan ank2nya yang msh kcl2 dan msh bayi?gmn cranya biar tidak tertular?

  22. hay kak,aq mw nanya niCh,,,,
    tolong djwb za,,,
    gimana cara penanganan penyakit kusta??? tepatnya sama sampelnya???
    makasih

  23. bro apakah penyakit kusta bisa menyebabkan kemandulan

  24. lam kenal ya,tngn dan kakiku kering jari kaki juga tngn pd nglupas,,pd telapak tngan pd merah bergerombol,lo bngn tidur tngn maupun kaki terasa kaku,,mudah mudahan bukan kusta,tolong penjelasannya,,,,

  25. om dimas qu mo tnya nih orang tua di bdnnya ada bercak merah n di cubit dia ba”al apa itu masuk kategori gejala penyakit kusta.

    • kalau gejalanya seperti yang mas gugun jelaskan kemungkinan itu gejala kusta mas, mohon diperiksa lebih lanjut.

  26. borak


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: