Posted by: dimaswibie | May 2, 2008

TATO DAN TINDIK PENYEBAB HIV AIDS

Tato dan Tindik berpeluang besar mwnularkan virus hiv aids

Tato dan body percing kini memang dinikmati dan menjadi tren di kalangan muda. Kebanyakan dari mereka adalah wanita, diantaranya eksekutif muda.

Menurut dr Grace NS wardhana SpKK, dermatologi dari Rumah Sakit Brawijaya Anak dan Wanita mengatakan, sah-sah jika memang menggemari tato dan body percing. “Asalkan jarumnya steril atau jarum disposable (sekali pakai buang). Sebab, jarum yang dipakai berulang-ulang bisa berisiko menularkan penyakit, seperti hepatitis, AIDS, atau herpes. Selain itu, jarum pun harus dalam kondisi tajam sehingga tidak menimbulkan trauma oada kulit,” jelasnya.

Selain itu, Grace juga mengingatkan agar piercing dilakukan secara hati-hati. “Piercing memang terbilang aman. Hanya, sebaiknya pilih-pilih tempat atau organ tubuh yang akan di-piercing,” paparnya.
Grace memberi contoh, piercing di lidah yang berisiko tinggi. “Bisa berisiko tinggi timbul infeksi saat penyembuhan luka. Apalagi di tempat tersebut banyak memiliki saraf dan pembuluh darah. Jadi, kalau tidak dilakukan dengan benar, pendarahan mungkin saja terjadi,” ujarnya.

Saat piercing belum sembuh benar disarankan agar anting langsung dipakai. Jika tidak, luka itu akan menyembuh dan lubang akan tertutup dengan sendirinya. Ini sebagai bentuk proteksi tubuh. Kalau proses penyembuhan sudah sempurna, lalu Anda bosan memakai anting dan melepasnya, lubang itu tak menutup karena di luka itu sudah terbentuk jaringan kulit.

Namun, jika setelah di-piercing muncul infeksi, sebaiknya disarankan untuk membuka anting. Berarti, besar kemungkinan lubang itu akan menutup. “Lebih baik menindik ulang daripada terinfeksi. Hal ini bisa fatal akibatnya,” tuturnya.

Untuk yang punya bakat keloid, Grace menyarankan agar berhati-hati. “Bisa jadi hasil tatonya baik, tapi kemudian besar akan timbul pula keloid,” ujarnya.


Responses

  1. bang kan gaul bang katanya tatto n piercing…

    takut ahz tapi klo kna HIV

    bang comment’n reggae-y apa….

  2. tato bisa nularin aids klo jarumnya ganti-gantian kan???
    tp klo ganti jarum baru terus ga bakal kena aids kan…

  3. kalo menurut q,
    tergantung tempat kita buat tatto n tindiknya..
    slain itu kita juga harus jeli,akan alat yang di pake,higienis ga???
    bukan karena tatto ato tindikan.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: